Mengerjakan mengecat rumah sendiri

Mengecat dengan biaya minimal dan hasil maksimal

Wed, 11 Dec 2019 5:17am (5-tahun lalu)

Sebelumnya arikel dengan wacana bisnis kurir kantor pos, Konsultan dan Kontraktor Pemborong. Kali ini ada hubungannya dengan Konsultan dan Kontraktor kontruksi bangunan yaitu mengenai pekerjaan Finishing.
Pekerjaan finishing merupakan pekerjaan akhir yang penting, layaknya casing, disebabkan bagian yang terlihat meski sebenarnya finishing memiliki daya tahan keawetan paling minim serta tidak mempengaruhi kualitas produk.


Mengecat menjelang hari raya idul fitri

Mengecat merupakan kegiatan rutinitas tahunan warga Indonesia yang banyak dikerjakan pada saat menjelang hari raya Idul Fitri. Ada baiknya mencoba mengerjakan mengecat rumah sendiri dengan hasil yang memuaskan, atau setidaknya Anda mengerti cara serta material yang dibutuhkan pada kegiatan pengecatan.


Material dibutuhkan dalam mengecat

Material yang dibutuhkan dalam pekerjaan pengecatan dapat Anda memperolehnya pada toko material atau bahasa lainnya toko bangunan diwilayah terdekat. Yang akan Kita lakukan pengecatan disini, Hasil karya cat mampu bertahan tetap terlihat bagus hingga 5tahun kedepan.

Berikut material beserta rata-rata harga dibutuhkan dalam pengecatan:
Pengecatan:
Cat dinding (cat air) -Vinillex @1pcs-5gk -> Rp.90.000
Cat minyak -Glotex @1pcs-1kg -> Rp.50.000
Thinner -Cobra @1pcs-1kg -> Rp.45.000
Kuas lebar 4inch @3pcs -> Rp.15.000
Kuas sedang 2.5inc @3pcs -> Rp.9.000
Amplas clas 200 @6pcs -> Rp.18.000


Dempul:
Semen putih @1kg -> Rp.4.000
Lem fox lem putih @1pcs -> Rp.5.000
Scrapt @2pcs -> Rp.5.000


Cat Air --> Dinding dan plafound
Cat minyak --> Kayu, kusen kayu, daun pintu, daun jendela dan list plafound


Untuk merk cat Kita ambil Vinillex, karena vinilex merupakan jenis cat yang memiliki kualitas terbagus dengan harga terendah diantara merk cat lainnya dengan harga serupa, banyak cat air dengan harga Rp.20ribu hingga Rp.40ribu, tapi tidak berkualitas.
Perlu diperhatikan, beberapa penjual pada toko material mungkin menawarkan cat merk Metrolite, metrolit memiliki kualitas dan kontur lebih bagus dari Vinilex dengan harga kisaran Rp.5ribu hingga Rp.10ribu lebih mahal dari vinilex hanya saja metrolite hanya dapat dipergunakan pada dinding yang baru bukan rehab dan metrolit hanya memiliki satu jenis warna. Rumah Classic hasil maksimal mempergunakan metrolite, 2lapis metrolit dan sebagai pewarna Vinilex.


Untuk cat minyak Kita ambil merk Glotex. Cat minyak campurannya Thinner, ambil yang jenis thinner merk Cobra kaleng warna hitam atau merah, yang penting jangan pergunakan thiner yang berkemasan botol mineral.
Thinner mudah menguap dan terbakar lebih peka terhadap Bensin, untuk itu jangan mempergunakan paku, obeng atau benda tajam lainnya pada saat membuka kemasan.


Pergunakan amplas jenis no 200 atau sekelasnya yang memiliki kontur halus.


Untuk Dempul atau plamir tidak mempergunakan dempul instant yang banyak dijual pasaran melainkan Kita pergunakan campuran Semen putih dan lem. Dempul instant selain mahal, daya tahan, serap serta memiliki kualitas buruk, dempul instant mudah mengelupas dan longgar dalam jangka waktu kurang dari satu tahun.
Dempul berfungsi melapisi permukaan dinding tembok yang akan dicat, agar terlihat lebih halus, bagus, merata serta menyerap terhadap cat (bukan cat menyerap terhadap semen).
Perlu diperhatikan, dempul bagian dinding interior saja, posisi terkena sinar matahari dan hujan jangan didempul, akan mengelupas.


Scrapt berbentuk tipis pipih seperti seng, dipergunakan untuk mendempul permukaan tembok atau kayu. Scrapt terdapat 2 jenis, bentuk segitiga dan petak atau persegi. Pergunakan scrapt yang terbuat dari besi, jangan yang plastik. Jenis plastik hanya dipergunakan untuk bangunan rumah jenis RSSS, rusun, prumnas atau bangunan asal cepat jadi Selain hasil merata Ketebalan dan kehalusan.
Scrapt segitiga untuk mengeruk/ mengelupas bagian dinding, scrapt persegi untuk mendempul.


Cara membuat dempul dengan semen putih

Cara membuat dempul atau plamir dengan semen putih:
Campurkan semen putih dengan lem putih dengan perbandingan, 1kg semen putih : setengah pcs lem putih. Lem putih ber merk aslinya Lem fox, dapat mempergunakan merk jenis lainnya asalkan harga tidak dibawah harga Lem fox. Lem putih berbentuk pasta seperti lem kertas, berwarna putih serta dijual dalam kemasan plastik.
Tambahkan sedikit cat tembok yang sudah dicampur air pada campuran semen putih dan lem putih, cat tembok yang dipergunakan yaitu cat air yang dibeli yang akan dipergunakan untuk mengecat dinding.

 


Memulai pekerjaan pengecatan

Sebelum memulai pengecatan, bersihkan terlebih dahulu semua permukaan yang akan dicat dengan scrapt segitiga. Jika terdapat bagian yang keropos, longgar, mengelupas cat, mengelupas semen (acian) atau mengelupas dinding plesteran, Gempur atau kelupaskan saja, ganti dengan semen atau dinding yang baru. Jika bagian dinding yang dikelupas dalam, Anda perlu membeli sedikit semen dan pasir. 1zak semen Rp.70ribu 50kg atau dalam kiloan Rp.4ribu/kg, sedangkan untuk pasirnya jika dibutuhkan hanya sedikit sekitar 3ember dapat memintanya saja, jika membeli 1grobak sekitar Rp.70ribu (sudah termasuk membayar yang mengangkut).
Plester dan aci bagian dinding yang dibongkar, plester = pasir dan semen, aci = semen saja. Jika tidak dapat memlester, pekerjakan orang, bayar Rp.50ribu cukup sehari.
Selain permukaan dinding tembok, bagian kayu yang akan dicat dengan cat minyak juga harus dikerus dikelupas, jika terdapat bagian kayu yang rusak atau keropos ganti dan tambal dengan kayu yang baru. Jika terdapat bagian permukaan kayu yang sedikit retak, tergores atau lapisan cat terkelupas, dempul bagian tersebut dengan plamir kayu, plamir kayu kisaran harga Rp.40ribu.
Jika pekerjaan pengelupasan dinding tembok dan kayu usai dan sudah disemen atau diaci, bersihkan permukaan dengan sapu dan kain. Selanjutnya lakukan pendempulan permukaan tembok yang retak dan terkelupas catnya. Setelah pendempulan usai, amplas bagian yang didempul tersebut dan ulangi pendempulan dan amplas kembali hingga tidak terlihat goresan dempul.


Pekerjaan pengecatan dimulai, pengerjaannya lakukan secara vertikal dari bawah keatas pada gerakan kuas, hal tersebut agar tidak terlihat sambungan cat. Lakukan bagian atas dinding tembok terlebih dahulu dalam pengecatan sebelum bagian bawah dinding. Jika Plafound juga dicat, plafoundnya dulu dicat, hal tersebut agar tidak tertetes bagian dinding tembok. Jika ada list kayu pada sela plafound dan dinding atas, kerjakan pengecatan kayu belakangan, bersamaan dengan pengecatan kayu (cat minyak) lainnya, setelah pengerjaan pengecatan dinding usai.


Lakukan sebanyak 2lapis pada pengecatan tembok (cat air), dan cat kayu (minyak/ thinner). Lapisan pertama agak tipis dengan lebih banyak air pada cat air dan lebih banyak thinner pada cat kayu. Perbandingan cat air, 1kaleng cat tambahkan 1/4kaleng air pada lapisan pertama, tambahkan kurang dari 1/4air pada lapisan ke2 (lebih tebal dari lapisan pertama), hal serupa juga pada cat kayu atau minyak.
Hasil terbaik menggunakan kuas daripada Rol, hasil pengecatan dengan kuas lebih rapi dan halus serta lebih irit hingga 40%, hanya saja dibutuhkan waktu agak lama. Untuk bagian yang tinggi sukar dijangkau pengecatan dengan kuas, dapat mempergunakan stager, meja atau kursi bertumpuk.

Kisaran harga diperlukan dalam pengecatan

Untuk ukuran 3meter X 4meter persegi dibutuhkan 1kaleng cat @5kg. 3meter merupakan tinggi rata-rata dinding bangunan rumah, hitung sendiri berapa kira-kira panjang bangunan yang akan dicat.
Kisaran harga renofasi pengecatan 1rumah Rp.1.800.000 untuk jenis cat vinillex Rp.90ribu/kaleng 5kg.

 

Note:

Harga Vinilex berfariasi, sni tiap daerah. 2007 vinilex 5kg seharga 80ribu kab.lebong, 60ribu kota.Curup dan Kepahiang, 40ribu Bengkulu dan DKI. 90ribu kami ambil harga penjual online.