Proposal bisnis Jasa kurir

Bisnis jasa pengiriman barang dan surat

Pengertian jasa kurir
Bisnis kurir/ courir atau bisnis jasa pengiriman barang atau surat adalah jenis usaha atau pekerjaan yang pekerjannya mengirimkan barang, produk atau surat dari client Pihak Pertama sebagai pemilik produk dikirimkan menuju alamat Pihak Kedua atau Konsumen tertuju sipenerima produk,  layaknya kantor pos seperti Kantor Pos, TIKI, JNE atau pengiriman barang lainnya.


Skala usaha bisnis kurir
Skala usaha Bisnis usaha kurir dan ini juga berlaku bagi semua jenis usaha lainnya yaitu, Skala Kecil perumahan dan Skala Besar, yang memiliki perbedaan:
Skala Kecil memiliki jumlah staf karyawan kurang dari 50 orang pekerja, sedangkan Skala Besar memiliki jumlah staf karyawan lebih dari 50 orang pekerja.
Peraturannya yaitu, -Jika Anda memiliki usaha yang melibatkan lebih dari 50 orang pekerja dan membayar atau memberikan gaji para karyawan tersebut kurang dari UMR yang berlaku maka Perusahaan tersebut dapat dituntut.-

 


Permodalan dibutuhkan usaha kurir

Minimal usaha jasa kurir yang dibutuhkan untuk jangka waktu satu tahun kedepan atau proposal perhitungan dalam jangka waktu satu tahun yang Kami buat sebesar Rp.750juta, berikut perinciannya:

format = [jabatan][gaji perbulan][jml karyawan]->[jml keuangan dibutuhkan setahun]

Gaji karyawan:
  Manager Operasional @Rp.3.000.000/bln @1orang ->setahun = Rp.36.000.000
  Manager Marketing @Rp.3.000.000/bln @1orang ->setahun = Rp.36.000.000
  Keuangan @Rp.2.000.000/bln @1orang ->setahun = Rp.24.000.000
  Operasional @Rp.2.000.000/bln @1orang ->setahun = Rp.24.000.000
  Marketing @Rp.2.000.000/bln @1orang ->setahun = Rp.24.000.000
  EDP (ahli komputer) @Rp.1.700.000 @2orang ->setahun = Rp.40.800.000
  Koordinator wilayah @Rp.1.500.000 @1orang ->setahun = Rp.18.000.000
  Courir stanby @Rp.1.500.000 @2orang ->setahun = Rp.36.000.000
  Entry data @Rp.1.200.000 @5orang ->setahun = Rp.72.000.000
  Courir @Rp.1.000.000 @25orang ->setahun = Rp.300.000.000
  OB @Rp.500.000 @2orang ->setahun = Rp.12.000.000
Subtotal keuangan dibutuhkan dalam 1 tahun gaji karyawan sebesar Rp.622.800.000

Peralatan:
  Sewa kantor @Rp.5.000.000 @1bln ->jml = Rp.60.000.000
  Mobil Pick-Up @Rp.15.000.000 @1pcs ->jml = Rp.15.000.000
  Motor operasional @Rp.10.000.000 @1pcs ->jml = Rp.10.000.000

  Komputer-
  -Komputer server @Rp.3.000.000 @1pcs ->jml = Rp.3.000.000
  -Komputer operasional @Rp.2.000.000 @4pcs ->jml = Rp.8.000.000
  -Komputer entry data @Rp.1.000.000 @5pcs ->jml = Rp.5.000.000
  -Kabel LAN, peralatan dan installasi @Rp.2.000.000 @1pcs ->jml = Rp.2.000.000

  Moubelar, meja kursi-
  -Meja kursi operasional @Rp.300.000 @6pcs ->jml = Rp.1.800.000
  -Meja kursi entry data @Rp.200.000 @5pcs ->jml = Rp.1.000.000
  -Loker, meja besar dan kursi @Rp.1.500.000 @1pcs ->jml = Rp.1.500.000
  -ATK (kebutuhan setahun) @Rp.1.500.000 @1pcs ->jml = Rp.1.500.000

  Pemasangan Telephon Telkom, peralatan dan Installasi @Rp.5.000.000 @1pcs ->jml = Rp.5.000.000
  Bayar listrik @Rp.500.000 @12bln ->jml = Rp.6.000.000
  Lain-lain @Rp.600.000 @12bln ->jml = Rp.7.200.000
Subtotal keuangan dibutuhkan dalam 1 tahun Perlengkapan dan Peralatan (termasuk peralatan tetap) sebesar Rp.127.000.000

Total keungan dibutuhkan Jasa kurir dalam 1 (satu) tahun kinerja sebesar Rp.749.800.000


Harga-harga tersebut merupakan dalam perhitungan minimal, jumlah karyawan kurang dari 50orang, gaji karyawan kurang dari UMR yang berlaku.
Apa ada Karyawan yang mau dengan pendapatan sebesar itu? sangat banyak,..

Penjelasan dan Fungsi Karyawan, Peralatan dan Keuangan yang dibutuhkan:

Jabatan EDP merupakan staf yang memiliki keahlian komputer, EDP senantiasa menjaga komputer server dan memperbaiki jika ada kerusakan-kerusakan pada komputer.
Mengenai OS (Operating System) pada komputer entry data tidak menggunakan OS windows atau linux, melainkan OS yang diciptakan sendiri khusus kurir. Anda dengan mudah mendapatkannya dengan meminta Software tersebut pada berbagai perusahaan kurir lainnya, misalnya meminta pada perusahaan kurir (bagian EDP staf) NCS atau perusahaan kurir Andi Arta yang beralamat di jalan baru Slipi, jika harus membayar (Saya mengenal orang-orang tersebut -2004-) berikan uang kurang dari Rp.100ribu.

Karyawan Keuangan yaitu staf yang bertugas mengadmin serta mengelola keuangan perusahaan. Karyawan keuangan harus memiliki keakraban dengan pemilik modal perusahaan layaknya jabatan Manager Operasional atau Manager Marketing. Karyawan Keuangan mencairkan keuangan setiap bulannya guna kepentingan Perusahaan serta Gaji para Karyawan, termasuk pemasukan saldo setiap penghasilan dari Client.

Koordinator wilayah yaitu staf pekerja yang menguasai dan hapal nama-nama tempat berbagai wilayah. Koordinator wilayah membagi-bagikan Para staf kurir kerja pada berbagai wilayah serta membagi-bagikan atau menyortir produk yang masuk keberbagai tempat-tempat loker wilayah yang disediakan.

Kurir Stanby merupakan kurir yang stanby berada pada kantor, kurir stanby bersiap mengantar surat atau produk dalam keadaan tertentu atau jenis produk Penting yang datang setiap saat.

karyawan Entry data merupakan staf yang berfungsi menginput memasukkan dalam database setiap produk yang masuk kedalam komputer, untuk ini diperlukan keahlian dalam hal kecepatan mengetik pada keyboard, dianjurkan jangan yang 11jari. Khusus karyawan entry data cari yang minimal pendidikan D3, mereka dilatih pengetikan dengan cepat.

Courir atau Kurir merupakan pekerja inti, bekerja mengantarkan Produk atau surat kealamat yang dituju. Mencari Kurir harus yang benar-benar jujur, tidak jarang surat dibuang dan kurir tersebut menyatakan -surat sudah diterima-. Seorang kurir harus memiliki kendaraan pribadi sendiri untuk operasional pengiriman produk dan memiliki Ponsel Android, disebabkan sekarang menggunakan jenis QR code dalam membarcode database produk. Uang intensive ditambahkan pada setiap produk yang terkirim.

Mobil Pick Up dibutuhkan mengambil Produk dari client serta mengirimkan Produk yang bersifat barang besar. Mengambil barang dari Client berjumlah sangat banyak, mencapai ratusan ribu per pick up.
Untuk harga Kami mengambil harga Rp.15juta, cari yang murah saja, body kendaraan keluaran tahun terbaru sedangkan mesinnya keluaran agak lama, terpenting berfungsi dengan baik.

Motor Operasional cari yang bekas, untuk yang ini bisa ditiadakan.

Komputer entry data merupakan komputer yang hanya berfungsi menginput memasukkan data produk kedalam database, tidak perlu yang mahal, aplikasi software Kurir dapat dijalankan dengan komputer berProfesor 500Mb, terdapat banyak di Mangga Dua, harga Rp.200ribu hingga Rp.700ribu per PC lengkap mboard proccr hingga casing, monitornya saja yang agak mahal.

Loker yaitu tempat yang dipergunakan menyimpan Produk, loker terbagi menjadi berbagi sekat (lihat gambar loker), pada masing-masing sekat dibedakan dengan nama-nama wilayah, misalnya loker Jakarta timur, loker Jakarta Selatan, loker bekasi dan sebagainya. Merupakan tugas Koordinator wilayah membagi-bagikan produk dan memasukkannya kedalam tiap-tiap loker, Kurir yang terbagi menjadi berbagai wilayah akan melihat isi loker wilayahnya, jika terdapat isi kurir tersebut akan mengirimkannya.

Selain Loker sediakan meja yang berukuran lebar atau besar, dipergunakan untuk meletakkan surat yang masuk dan menyortir surat tersebut, dan dipergunakan untuk pada saat penjelasan atau meeting yang diadakan.


Mencari Karyawan:
Mencari karyawan tidak harus bertitele tertentu atau yang memiliki keahlian pengalaman didalamnya, terpenting kejujuran, mau bekerja dan tingkat IQ wajar. Terutama jabatan Staf manager layaknya mencari pasangan hidup, harus terdapatnya keakraban atau komunikasi yang baik didalamnya. Terpenting saat perusahaan baru dibuka, Anda harus menjelaskan kepada seluruh pekerja mengenai kinerja atau alur kerja usaha kurir (lihat gambar bagan atas).

 


Bagaimana mendapatkan Pekerjaan (Client)

Tidak perlu khawatir tentang hal ini, satu hal terpenting yaitu Perusahaan Kurir harus berada pada Perkotaan sibuk yang padat penduduk, misalnya Jakarta atau Kota Jambi. Merupakan tugas Marketing jika kekurangan Client produk antaran, bermodal yellowpages marketing menghubungi tiap-tiap perusahaan melalui telephone menawarkan jasa kurirnya. Perusahaan BANK misalnya, setiap hari mengirimkan ribuan surat ke nasabahnya, penawaran polis, asuransi serta berbagai lainnya. Perusahaan Produk tertentu dalam jangka waktu tertentu rutin mengirimkan undangan surat ke clientnya, atau dalam hal promosi produk. Dalam sehari Perusahaan Kurir mampu mendapatkan kerjaan mengirimkan hingga ratusan ribu surat perhari, mereka para Client akan mencari tarif harga jasa kurir termurah.

Contoh harga dan Jenis Produk pengiriman
Terdapat 3 jenis Produk yaitu, Top Urgent, Urgent dan Normal
-Top Urgent yaitu jenis produk yang dalam jangka waktu minimal 1hari sudah dapat diterima alamat. Harga rata-rata jenis Top Urgent Rp.7ribu hingga Rp.15ribu untuk wilayah DKI.

-Urgent atau Penting yaitu jenis kiriman yang dalam jangka waktu 3hari sudah sampai diterima alamat. Harga rata-rata jenis kiriman Urgen Rp.4ribu hingga Rp.7ribu rupiah.

-Jenis kiriman Normal setidaknya terkirim dalam jangka waktu seminggu, Para perusahaan biasanya tutup tidak mengirimkan produk pada hari jumat dan sabtu. Rata-rata kiriman jenis Normal Rp.300 hingga Rp.4ribu, bergantung jumlah banyaknya produk, semakin banyak produk harga semakin murah.


Resiko kerugian
Sedikit rasio kerugian, yaitu terjadi kebakaran atau musibah lainnya pada perusahaan Kurir yang menyebabkan peralatan rusak atau korbanjiwa dan terjadinya kecelakaan staf Kurir pengantar surat saat mengantarkan produk surat. Yang merupakan tanggung jawab perusahaan.

 

 

Keterangan skema kerja jasa kurir

Produk datang dari Client atau PickUp, dilakukan Entry data atau memasukkan Produk-produk kedalam database dalam Komputer serta memberikan kertas Label pada setiap Produk, Koordinator wilayah membagi-bagikan produk kedalam berbagai wilayah serta memasukkannya kedalam Loker, Courir mengambil produk sesuai dengan wilayah courir tersebut serta mengirimkannya kealamat tujuan. -jika sukses terkirim sesuai alamat yang dituju kurir langsung menscan dengan QRcode yang terdapat pada kertas Label Produk, serta melaporkannya kepada staf entry data. -jika tidak terkirim maka dilakukan FollowUp, mencari informasi keberadaan produk secara lebih jelas, dapat menanyakan kepada client pengirim surat atau menanyakan terhadap penduduk sekitar mengenai Alamat yang tertera pada produk, setelah alamat lebih jelas diketahui, dilakukan pengiriman ulang, jika alamat tetap tidak ditemukan dikembalikan dalam keadaan kondisi Return* ke Client, dan Client tetap membayar. Setelah semua surat atau produk terkirim success atau kondisi return sudah lengkap pada database, manager marketing dan atau bagian Keuangan melakukan tagihan terhadap client.

hanya terdapat 4 keadaan return yang dapat diterima, yaitu:
-Sipenerima wafat, -Sipenerima Pindah alamat kelokasi yang cukup jauh, -Sipenerima tidak mau menerima Produk, dan -Alamat benar-benar salah, tidak benar.


=artikel ini ditulis sekejab, dalam jangka waktu sekitar satujam, lain waktu Kami perbaiki atau tambahkan.=

Share

© 2023 benny9.my.id