Sistem Kerja Alexa Website

Mengetahui trafik popularitas website

Alexa adalah metode yang dipergunakan para pengguna Internet dan pengelola website untuk mengetahui serta menganalisis popularitas suatu website, contohnya website A memiliki Alexa 100.000 dan website B memiliki Alexa 200.000 berarti website A lebih unggul popularitas websitenya dari website B disebabkan nilai Alexanya lebih kecil, semakin kecil nilai Alexa berarti jumlah pengunjung website semakin besar, begitulah sistem kerja perhitungan dari perusahaan Amazon sejak tahun 1996 dan terus dipergunakan sebagai acuan menilai trafik suatu website.

 

Mengetahui trafik popularitas website

Untuk mengetahui popularitas website atau mengetahui nilai Alexa website kunjungi situs alexa.com amazon web penyedia analisis popularity website.

 

Metode perhitungan trafik popularitas website dari Alexa

Metode perhitungan trafik popularitas website dari Alexa dengan sistem kinerja jumlah visitor Alexa dihimpun dalam jangka waktu 90 hari atau 3 bulan terhadap jumlah visitor yang berbeda-beda/ IP unik (identitas internet) setiapharinya. Misalnya website memiliki kunjungan rata-rata 100 visitor perhari dalam jangka waktu 90 hari maka website tersebut memiliki nilai Alexa 1.000.000, nilai Alexa 1.000.000 tersebut mengalami perubahan dipengaruhi jumlah pengguna internet didunia berbanding berbalik terhadap jumlah ketersediaan website yang memiliki kunjungan masing-masing. Jika beberapa website memiliki jumlah visitor yang sama dalam jangka waktu 3 bulan maka usia website mempengaruhi terhadap nilai Alexa, hal tersebut pernah terjadi pada situsweb facebook dan google pada tahun 2009, beberapa kali facebook memiliki Alexa 1 mengalahkan google dan berangsur-angsur persaingan setiap harinya, jika memiliki nilai kunjungan yang sama maka google akan memiliki nilai 1 terhadap facebook disebabkan segi usia google lebih unggul.

 

Bagaimana mengetahui, melihat jumlah visitor

Untuk dapat melihat jumlah visitor website tentunya pengelola website harus membuat record tersendiri bagi websitenya, jika serius membangun website biasanya pengelola website membuat record jumlah visitor terhadap websitenya, hal tersebut dibutuhkan sebagai prediksi, menganalisis dan planing atau rencana kerja yang akan dilakukan. Dari data trafik visitor yang Kami kumpulkan dan himpun selama 3 bulan serta referensi dari berbagai sumber maka dapat membuat kesimpulan secara garis besar visitor atau rata-rata pengunjung dapat dilihat pada tabel dibawah, data tersebut berlaku setidaknya 2 hingga 3 tahun kedepan.

Alexa AVG visitor per day past 3 mounts
1 3.300.000.000
2 3.000.000.000
3 1.500.000.000
10.000 10.000
20.000 5.000
50.000 3.000
70.000 2.500
100.000 1.000
500.000 500
1.000.000 200
5.000.000 100
10.000.000 50
15.000.000 25
20.000.000 10

Nilai Alexa tertinggi 25.000.000 , jika situsweb tidak memiliki nilai Alexa atau NaN Alexa berarti memiliki kunjungan kurang dari 10 visitor perhari dalam jangka waktu 3 bulan. Perhitungan Visitor mengalami kenaikan setiap harinya dipengaruhi oleh semakin bertambahnya jumlah pengguna Internet didunia.

 

Sistem kerja popularitas website perhitungan Alexa

-Website A- nilai Alexa 1 yaitu website yang memiliki jumlah pengunjung (visitor) terbanyak,
-Website B- nilai Alexa 2 website yang memiliki visitor lebih kecil dari website A ,
-Website C- nilai Alexa 3 website memiliki visitor lebih kecil dari website B, dan seterusnya,..
Misal website A adalah google, website B youtube dan website C adalah facebook maka tablenya terlihat di bawah.

Website AVG visitor per day past 3 mounts Alexa
google.com 3.300.000.000 1
facebook.com 3.000.000.000 2
youtube.com 1.500.000.000 3

 

PageRank

Berbeda dengan Alexa, PageRank (PR) menganalisis lebih terperinci setiap halaman website dengan kata kunci tertentu, pagerank atau ranking halaman penting dalam mengadmin mengelola website untuk bermain didalamnya harus memiliki Alexa minimal kurang dari 900.000 terlebih dahulu sebelum mengikuti persaingan kata kunci, dengan perhitungan jumlah banyaknya kata kunci pencarian pengguna internet berbanding terbalik terhadap jumlah website dengan materi didalamnya kata kunci persaingan.

 

Tidak ada hubungan Alexa dengan google

Yang perlu diketahui Alexa bukan google. Banyak kasus situsweb yang telah berusia 2 tahun tapi tidak memiliki nilai Alexa padahal terdeteksi google, hal tersebut disebabkan tidak memasang widged Alexa pada websitenya yang berfungsi pemanggilan script src atau js Alexa melihat website yang dikelola, atau situswebnya memiliki nilai Alexa tapi tidak terdeteksi google, hal tersebut disebabkan situsweb tidak terdaftar pada google webmaster sehingga laba-laba google tidak mengindek websitenya. Tapi jika situsweb sudah memiliki visitor stabil setiap harinya maka dengan sendirinya laba-laba google dan alexa akan mendeteksi situsweb tersebut.

Share

© 2023 benny9.my.id